Variasi Dan Model Pemasangan Batu Alam

Begitu banyak batu alam di Indonesia khususnya di Cirebon yang menjadi sentra batu alam daerah tersebut, seperti batu andesit, batu palimanan, batu cupang merah, batu putih dan lain lain. Sekarang penggunaannya di dalam modernisasi digunakan penghias Eksterior dan Interior bangunan. Batuandesit.info akan membahas tentang :

Variasi Dan Model Pemasangan Batu Alam Untuk Lantai Dan Dinding.

Batu Alam untuk dinding kamar mandi tentunya berbeda dengan yang biasa dipakai untuk lantai kamar mandi. Perbedaan ini umumnya terletak pada tekstur permukaan dan ukuran. Selain itu dinding dan lantai juga memiliki perbedaan spesifikasi, yaitu untuk lantai lebih tebal karena menahan beban. Selain itu untuk lantai harus lebih kuat karena ada kemungkinan terkena goresan atau gesekan alas kaki.

Setelah mengetahui jenis dan perletakannya, mari merancang pola pada lantai dan posisi pada dinding. Namun perlu diperhatikan bahwa semakin rumit pola lantai maka semakin tinggi tuntutan akan presisi dan kemahiran tukang yang memasangnya. Pilihlah tukang yang berpengalaman dan terampil. Walaupun lebih mahal, tetapi tidak akan menyesal dikemudian hari.

a. Posisi pada lantai

Pemasangan pada lantai kamar mandi tak selamanya harus disusun dengan pola lurus. Apalagi kini tak hanya tersedia dalam bentuk kotak saja, tetapi adapula yang berbentuk persegi panjang bahkan segienam. Bentuk dan ukuran yang bervariasi ini semakin memperkaya kemungkinan berkreasi dengan pola lantai yang unik.

Secara tidak langsung pola lantai dapat menciptakan suasana tertentu yang berpengaruh terhadap tampilan interior kamar mandi. Gaya interior kamar mandi dapat di cerminkan dari pola lantainya. Pola lantai lurus identik dengan gaya modern, pola susun bata memancarkan kesan etnik. Dan sebagian orang tidak pernah merasa puas dengan pola lantai standar. Ingin berkreasi membuat pola lantai khusus ada panduannya.

b. Pola lurus

Pola lantai konvensional ini adalah yang sering diaplikasikan. Pertama dikarenakan pemasangannya yang mudah. Selain itu, lebih hemat bahan dengan kata lain tidak akan terlalu banyak memotong atau membuang sisa batu alam.

Dipasang kotak demi kotak secara teratur, sejajar berderet dan tegak lurus terhadap sudut ruang kamar mandi. Yang dinding maupun plafonnya telah ramai pola maupun aksenya. Karena kesederhanaannya, pola lurus identik dengan desain gaya modern minimalis.

Kekurangan pemasangan pola lurus adalah jika terdapat ukuran dan dindingnya, akan terlihat sekali nat yang tidak saling bertemu tersebut. Jadi jika ingin menggunakan pola lantai ini, sebaiknya ukuran lantai harus sama dengan ukuran salah satu sisi  dinding. Berlaku pula kelipatanya.

Sebagai contoh, ukuran di dindingnya 20cm x 25cm, maka ukuran lantainya bisa digunakan 20cm x 20cm atau 10cm x 10cm. Dengan demikian, nat pada dinding dan lantai dapat saling dipertemukan.

c. Pola diagonal

Pola lantai diagonal ini merupakan alternatif yang cukup sering diaplikasikan sebagai pola lantai kamar mandi. Posisinya miring 45 derajat mengikuti garis diagonal ruangan. Pola diagonal ini membentuk susunan seperti belah ketupat. Pola ini  membuat lantai kamar mandi lebih dinamis. Pola lantai demikian merupakan salah satu cara menyiasati perbedaan ukuran antara dinding dan lantai yang digunakan.

Beberapa produsen batu alam untuk kamar mandi sengaja menawarkan batu alam yang ukurannya sama sekali berbeda dengan ukuran di dinding dalam suatu komposisi desain yang sama. Cara menyiasatinya tentunya dengan menerapkan pola lantai diagonal. Tampilan interior kamar mandipun tetap menarik dan mewah. Pola lantai diagonal ini cocok diterapkan pada kamar mandi bergaya klasik maupun etnik.

Walaupun cantik, pola diagonal ini memakan lebih banyak bahan baku. Sebagian akan dipotong, dan selebihnya yang tak terpakai akan dibuang jadi pertimbangkan matang matang bila akan memilih pola demikian terutama dengan hal budget dan ketersedian barang  (stok yang memadai ).

d. Pola susun bata/zigzag

Pola lantai ini dibuat layaknya menyusun bata. Disusun secara deret berderet, namun antar baris di geser sejauh setengah lebar lantai. Yang digunakan dapat berbentuk persegi maupun kotak.

Pola lantai susun bata ini membuat tampilan interior kamar mandi dinamis dan berkesan etnik. Pola lantai ini cocok diaplikasikan pada kamar mandi bergaya natural tropis atau gaya tradisional. Namun pola lantai susun bata ini akan lebih baik jika di aplikasikan pada kamar mandi dengan ukuran yang cukup besar.

e. Pola papan catur

Ada salah satu alternatif lagi yang sudah tak asing lagi untuk pilihan pola lantai, yaitu pola papan catur (checkerboard). Namun tak selamanya menggunakan warna hitam dan putih saja. Kombinasi warna tua dan warna muda lainnya dapat digunakan. Dapat pula membuat pola  papan catur ini dengan mengkombinasikan glossy dengan yang betekstur/ unpolished.

Pola papan catur ini dapat dipasang dengan posisi lurus maupun diagonal. Selain membuat kamar mandi berbeda pola lantai ini lebih atraktif pola ini membuat suasana tidak menjemukkan. Pola papan catur cocok untuk kamar mandi bergaya modern maupun etnik sekalipun.

f. Pola anyaman

Seperti tak akan habis ide dalam membuat pola lantai kamar mandi. Pola anyaman ini terinspirasi dari anyaman keranjang rotan. Tersusun dari bentuk bentuk persegi panjang yang disusun saling silang. Dua buah dipasang bersisian membentuk sebuah kotak dengan nat horizontal. Sementara itu, disisi kanan , kiri, atas dan bawahnya dipasang dua buah yang bersisian membentuk kotak dengan nat vertikal,demikian seterusnya dan cara tersebut diulangi hingga terlihat suatu pola anyaman. Dapat menggunakan kombinasi dua warna yang berbeda dapat pula memakai yang sama.

Desain anyaman sangat cocok untuk kamar mandi bergaya tradisional atau natural tropis. Pola lantai ini dapat digunakan sebagai aksen di area tertentu, misalnya untuk lantai shower. Walaupun terdapat hanya sebagian kecil pada ruangan, tetapi pola tersebut memberikan tampilan yang lebih hidup dalam interior kamar mandi secara keseluruhan.

g. Pola kincir angin

Pola ini dikenal dengan istilah herringbone. Lazim digunakan untuk pola paving block. Pola demikian terdapat pula pada pola kain tenun tradisional maupun pola anyaman tikar, tentunya tak ada salahnya menjadikan ide ini sebagai inspirasi pola lantai kamar mandi. Pola ini tersusun bentuk persegi panjang dengan perbandingan 1:2. Dapat pula disusun diagonal dengan kemiringan 45 derajat. Pola ini dapat menggunakan batu alam yang berbeda warna, dapat pula dengan warna yang sama. Disusun seperti pola anyaman, tetapi  dua buah yang bersisian digeser sejauh setengah panjangnya. Pola kincir angin ini cocok digunakan pada kamar mandi bergaya etnik dengan ruang yang berukuran luas.  Dengan demikian pada lantai disusun secara menarik ini dapat terekspos, tanpa tersita oleh penempatan saniter.

Demikian penjelasan Variasi Dan Model Pemasangan Batu Alam untuk lantai, sedangkan untuk di dinding dapat dilihat di Pemasangan Batu Alam Pada Dinding

batuandesit.info

Related Post

2 thoughts on “Variasi Dan Model Pemasangan Batu Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>