perawatan dinding batu alam

Tips Perawatan Dinding Batu Alam

Tips perawatan dinding batu alam – Pemilihan batu alam untuk pembuatan desain dinding rumah memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah batu alam cenderung lebih mudah dalam perawatannya. Namun, minimnya perawatan batu alam pada dinding atau lantai bukan berarti batu alam tersebut tidak dirawat sama sekali, batu alam tetap membutuhkan perawatan untuk tampilan atau tekstur nya agar tetap selalu terlihat alami dan tidak membosankan.

Baca juga: Batu Alam Untuk Dinding Teras Rumah

Langkah langkah perawatan batu alam untuk dinding dan lantai sebenarnya tidak terlalu sulit, asal kita memenuhi peraturannya dan tidak melupakan hal perawatan yang semestinya dilakukan.

Lakukan lah perawatan minimal 1 tahun 1 kali atau 8 bulan 1 kali dalam melakukan perawatan batu alam, berikut ini admin akan memberikan tips dan cara merawat batu alam pada dinding rumah.

Adapun perawatan dinding batu alam tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Berikut langkah dan tips dalam merawat dinding batu alam :

1. Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding batu alam tersebut.

2. Jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.

3. Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding batu alam tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.

4. Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali. (selengkapnya tentang coating batu alam / cat batu alam).

Dari banyak berbagai kasus dengan banyak nya batu berlumut atau berjamur, biasanya karena batu tersebut jarang dirawat di atas waktu 1 tahun, untuk mendapatkan batu alam yang selalu indah maka lakukan perawatan batu alam minimal 8 bulan atau 1 tahun 1 kali dengan cara melakukan coating atau pernis ulang dengan tipe atau jenis pernis yang sama pada saat awal pemasangan.

Tidak terlalu berat dan rumit sebenarnya merawat batu alam asal melakukan secara rutin. Melakukan pernis ulang sekitar 1 tahun satu kali saja, dengan melakukan perawatan rutin maka batu alam tetap terlihat indah alami sepanjang waktu.

Demikianlan tips dalam merawat batu alam pada dinding rumah. Semoga bermanfaat 😉

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>