Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

10 Langkah Tips Pemasangan Batu Alam Pada Dinding dan 4 langkah Tips Perawatan Batu Alam, berikut penjelasannya

Pemasangan batu alam pada dinding – Melanjutkan dari artikel sebelumnya mengenai 3 Tips Batu Alam yang harus anda ketahui, setelah sebelumnya telah di bahas bagaimana cara memilih batu alam menurut Ahli Lanskap Solehuddin seperti tertulis dalam bukunya, Kreasi Unik Batu Alam.

Berikut kami uraikan langkah-langkah dalam pemasangan batu alam pada dinding beserta dengan cara merawat batu alam pada dinding tersebut.

Tips Pemasangan Batu Alam Pada Dinding

Berikut 10 Langkah Jitu Pemasangan Batu Alam Pada Dinding :

1. Siapkanlah alat-alat dan bahan-bahan yang hendak dipergunakan di antaranya paku beton, benang, dan adukan semen. Benang akan digunakan sebagai acuan agar pemasangan lebih rapi, siku, dan rata. Di samping itu untuk proses finishing, siapkanlah pelapis/cairan coating yang nantinya akan digunakan untuk melaisi permukaan dinding batu alam supaya tidak mudah terserang lumut.

2. Pastikanlah bahwa batu alam sudah terbentuk siku-siku. Apabila tidak siku, maka dapat dibentuk siku-siku sendiri menggunakan alat pemotong keramik (gerinda).

3. Siapkan dinding yang hendak ditempel dengan batu alam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengupas/membobok permukaan dinding dengan acak. Ini penting untuk dilakukan supaya adonan atau adukan semen yang akan ditempel dapat merekat dengan baik antara batu dengan dinding.

Membobok Dinding untuk Pemasangan Batu Alam Pada Dinding
Proses Pembobokan Dinding

4. Selanjutnya, pasanglah paku beton di bagian atas dinding yang telah dipasangi benang. Benang ini nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk memasang batu alam supaya siku.

Memasang Benang Acuan Untuk Pemasangan Batu Alam Pada Dinding
Proses Pemasangan Benang untuk Patokan

5. Rendamlah batu alam dengan air. Hal ini berfungsi untuk menjaga agar batu tetap lembab. Seperti yang diketahui batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar. Jika kondisi batu alam terlalu kering maka air akan cepat tersedot ke dalam adukan semen ketika diaplikasikan. Maka dari itu agar batu alam dapat menempel dengan sempurna maka harus direndam atau dibasahi lebih dulu.

6. Pemasangan batu alam pada dinding sebaiknya dimulai dari bagian bawah lebih dulu. Jangan lupa untuk memberi ganjal supaya batu alam yang telah dibasang tidak turun ke bawah, karena batu alam cukup berat.

7. Jika memiliki budget lebih, gunakanlah adukan semen pasir atau semen khusus agar dapat menempel dengan sempurna. Pastikanlah komposisi perbandingan adonan semen sudah pas dan sebaiknya gunakan jasa tukang yang telah berpengalaman di bidangnya.

8. Jika ingin dinding terlihat lebih indah dan berestetika, Anda dapat menggunakan pola pemasangan timbul tenggelam. Pola seperti ini dapat membuat tampilan dinding tidak monoton. 

9. Ketika pemasangan batu alam pada dinding sudah selesai, pasti akan muncul sisa-sisa semen dari setiap sisi batu alam. Sisa-sisa ini harus segera disingkirkan sebelum kering dan menjadi sulit untuk dibersihkan.

Membersihkan Sisa Semen Setelah Pemasangan Batu Alam Pada Dinding
Proses Pembersihan Sisa-sisa Semen Pada Sela-sela Batu

10. Langkah terakhir dari proses pemasangan batu alam ini adalah melapisinya dengan cairan coating supaya dinding batu tidak mudah berjamur/berlumut. Selain itu fungsi dari proses coating adalah dapat membuat tampilan dinding batu alam menjadi lebih indah.

10 langkah jitu di atas merupakan yang cara pemasangan batu alam pada dinding yang paling mudah dan runtut. Mulai dari sini Anda bisa mulai mempersiapkan alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, dan tentunya memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya. 

baca juga : tips cara pemasangan batu alam lantai

Tips Perawatan Dinding Batu Alam 

Adapun perawatan dinding batu alam tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Berikut langkah dan tips dalam merawat dinding batu alam :

1. Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding batu alam tersebut.

2. Jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.

3. Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding batu alam tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.

4. Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali. (selengkapnya tentang coating batu alam/cat batu alam)

dinding batu andesit dengan coating batu alam
dinding batu andesit dengan coating batu alam

 PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Produsen Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Batu Andesit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *