Tanaman Tropis Untuk Taman Hunian

Tanaman Tropis Untuk Taman Hunian – Batu Andesit Tanaman akan tumbuh sehat dan berkembang Iebih baik jika ditanam pada habitat yang sama dengan habitat asalnya. Dengan perawatan yang sama, tanaman asli daerah tropis cenderung akan tumbuh Iebih mudah dan sehat bila ditanam di wilayah tropis daripada jika ditanam di daerah subtropis dengan empat musim. Jadi ada baiknya kenali beragam tanaman khas tropis yang bakal tumbuh subur di halaman Anda groundcover, tanaman berbunga, berdaun atau semak, juga sebagai peneduh.

Tanaman Tropis Untuk Taman Hunian – Batu Andesit

Tanaman Tropis Untuk Taman Hunian - Batu Andesit
Tanaman Tropis Untuk Taman Hunian – Batu Andesit

TANAMAN PENUTUP TANAH (GROUNDCOVER)

Beberapa jenis groundcover khas tropis yang relatif populer dan banyak diminati karena indah dan menarik serta mudah ditanam, di antaranya adalah berikut ini.

1. Kacang hias atau kacang-kacangan adalah tanaman asli hutan tropis Brasil yang populer sebagai groundcover, yang berguna mencegah erosi, sebagai untuk mengatasi gulma sekaligus menyuburkan tanah. Kacang hias tumbuh menjalar dengan tinggi mencapai 320 cm, daun berbentuk oval dan bunga berwarna kuning.

2. Sutera bombay atau Portulaka berasal dari Amerika Selatan ini, tingginya mencapai 315-20 cm. Daunnya berbentuk oval atau bulir, bunganya mirip mawar dengan beragam warna merah, putih, pink, kuning, dan oranye.

3. Miyana yang populer juga sebagai iler atau jewer kotok ini berasal dari wilayah tropis Afrika dan Asia. Tingginya mencapai 75 cm, bentuk daunnya oval bergerigi hingga keriting dengan warna beragam merah keunguan, hijau, kekuningan, dll.

4. Bunga kenop disebut juga bunga kancing atau adas-adasan (Jawa), bunga puter (Sumatera), ratna (Bali), dan taimantulu (Gorontalo). Tanaman dari Panama ini tumbuh tegak setinggi 30-60 cm. Bunga tunggal yang muncul pada ujung tangkai berbentuk bundar seperti kenos tombol, warnanya merah keunguan, putih, atau pink.

5. Ubi hias atau telo-telo berasal dari Asia Selatan, termasuk spesies ubi jalar namun warna daunnya hijau cerah kekuningan. Tanaman berumbi ini menjalar di tanah setinggi 330 cm.

6. Kucai bunga atau bawang-bawangan berasal dari pegunungan tropis Amerika Tengah. Tinggi tanaman mencapai 25 cm, berdaun seperti lidi dan setiap bunganya putih, pink, kuning disangga oleh sebatang tangkai.

Beberapa groundcover khas tropis lain, misalnya adam hawa, lili paris, beberapa jenis begonia terestrial, krokot, rumput gajah mini, dan lain-lain.

TANAMAN BERBUNGA, BERDAUN, SEMAK

Banyak ragam tanaman berbunga khas tropis yang relatif populer. Ada yang mudah perawatannya, seperti kembang sepatu, nona makan sirih, dan kenikir. Namun sebagian yang tam, seperti anggrek, rhododendron, dan mawar memerlukan perawatan yang lebih intensif.

1. Kembang sepatu berasal dari wilayah tropis Asia Timur. Perdu yang tingginya ±2-5 m, bisa ditanam secara individual atau berkelompok sebagai pembatas. Bentuk daunnya bulat telur bergerigi, bunganya aneka warna putih, merah, oranye, kuning, dll.

2. Nona makan sirih berasal dari wilayah tropis Afrika Barat. Tanaman yang tumbuh merambat hingga mencapai tinggi 4,5 mini, memiliki daun menyirip, dengan bunga berwarna putih namun mahkotanya berwarna merah.

3. Melati putih berasal dari wilayah Asia Selatan dan Tenggara. Tanaman semak ini bisa mencapai tinggi 2 m. Bentuk daunnya bulat telur, bunganya putih bersih dan harum.

4. Kacapiring atau ceplok piring atau gardenia memiliki beberapa habitat, termasuk wilayah tropis. Perdu berkayu dengan tinggi hingga 2 meter ini selalu berdaun hijau. Bunganya harum berwarna putih dengan beberapa bentuk tajuk, di antaranya melingkar dan bergelombang mirip mawar.

5. Anggrek ada yang tumbuh di tanah, ada yang monempel pada pohon. Jenis epifit sebagian besar wilayah tropis, termasuk yang populer sebagai tanaman hias yang bisa juga ditanam dalam pot. Jenis yang populer misalnya Dendrobium (paling mudah dipelihara), Cattleya, Phalaenopsis (termasuk anggrek bulan/ Phalaenopsis amabilis).

Artikel Terkait

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone

Jenis Batu Alam dan Karakteristiknya

– 7 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Berbeda

Rumah Batu Alam Dengan Variasi pola pemasangan

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

batu andesit

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>