Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir

Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir – Batu Andesit Musim penghujan kembali datang, dan bahaya banjir pun kembali menghadang. Menghadapi musim penghujan dan banjir kita harus waspada dan bersiap dari awal. Untuk mengantisipasi ancaman banjir, butuh trik khusus agar rumah tetap aman dan nyaman. Jika rumah terletak di daerah banjir, tak ada salahnya dari awal Anda mempersiapkan desain rumah untuk mengantisipasinya.

 

Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir – Batu Andesit

Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir - Batu Andesit
Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir – Batu Andesit

Jika sudah terlanjur, harus dilakukan perubahan yang signifikan untuk membenahi rumah Anda. Untuk rumah yang dilakukan renovasi total atau hendak dibangun baru dari awal, berikut trik yang bisa dilakukan :

1. Rancang pondasi bangunan setidaknya 40-50cm di atas jalanan depan rumah Anda

2. Urugan tanah minimal 50 cm di atas jalan. Posisikan halaman dan carport di atas jalan, untuk melindungi barang-barang berharga dari banjir menerjang.

3. Rencanakan dengan cermat posisi rumah Anda, setidaknya harus lebih tinggi dari batas maksimal banjir yang pernah terjadi. Bisa dengan cara mengurug tanah atau menempatkan rumah induk di lantai atas. Gunakan puing-puing bangunan atau tanah padat untuk mengurug, setelah sebelumnya digunakan pondasi sebagai perkuatannya. Ruang-ruang yang terdapat di bagian bawah rumah induk, bisa difungsikan sebagai gudang, ruang servis, ruang olah raga dan sebagainya.

4 Tempatkan saluran drainase, septictank, instalasi mekanikal dan elektrilcal dengan ketinggian di atas permukaan tanah dalam poslsi aman dari banjir.

5. Jika perlu, siapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik saat banjir hebat menerjang. Pemadaman listrik saat banjlr, seringkali tidak bisa diprediksi jangka waktunya.

Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir – Batu Andesit

Untuk rumah yang terlanjur menjadi langganan banjir, mau tak mau harus dilakukan renovasi. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti :

1. Tinggikan lantai rumah, dengan memperhatikan ketinggian plafon. Jika tinggi plafon di rumah 3 m, maka batas maksimum peninggian lantai adalah 50 cm, sehingga diperoleh tinggi plafon 2,5 m.

2. Buat kolam hias di halaman depan, dengan ketinggian yang cukup dalam. Ini bisa untuk mengurangi banjir ringan.

3. Untuk furnitur, pilih material anti air, seperti aluminium, stainless steel atau besi tempa.

4. Jika keramik di rumah Anda terlepas dari susunannya akibat terjangan banjir, tak ada salahnya jika keramik dilepas sekalian, dan ganti dengan adukan acian semen ekspos. Saat ini ekspos acian semen makin marak digunakan baik sebagai dinding ataupun lantai.

5. Jika dinding rumah terlihat kusam akibat banjir, atasi dengan cat eksterior yang lebih tahan cuaca.

Siapkan Hunian Anda Untuk Hadapi Banjir – Batu Andesit

Yang harus dilakukan saat mengungsi kala banjir menerjang adalah :

– Matikan sumber listrik untuk menghlndari bahaya tersengat aliran listrik. Turunkan meteran listrik, cabut sekering.

– Pastikan rumah dalam keadaan aman saat Anda kembali dan mengungsi, tak ada retakan pada dinding atau atap yang dapat membuatnya runtuh.

– Efek banjir pada rumah biasanya menyebabkan kerusakan seperti endapan lumpur dan sampah yang akan membuat kotor den berbahaya bagi kesehatan, serta kondisi lembab pada ruangan yang memicu tumbuhnya jamur dan lumut.

Related Post :

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone

Jenis Batu Alam dan Karakteristiknya

– 7 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Berbeda

Rumah Batu Alam Dengan Variasi pola pemasangan

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

batu andesit

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>