Relief Batu Alam, Seni Ukiran Batu Alam

Relief Batu Alam, Seni Ukiran Yang Di Buat Di atas Batu Alam –¬†Relief¬†yang dalam wikipedia memiliki arti, yakni seni pahat dan ukiran 3 dimensi yang biasanya dibuat di atas batu.

Relief Batu Alam untuk dinding rumah
Relief Batu Alam untuk dinding rumah
Jenis-Jenis Relief Batu Alam

Relief dari batu alam memiliki 4 macam jenis relief/ukiran berdasarkan kedalaman ukiran yang di buat, yang di antaranya :

Yang pertama, relief tinggi yaitu jenis relief dengan ukiran yang lebih menonjol keluar dengan penampil kedalaman dimensi lebih dari 50 persen.

Yang kedua relief rendah, jenis relief dengan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding, tonjolan kurang dari 50 persen.

Yang ketiga, relief dangkal adalah jenis relief yang lebih dangkal dari relief rendah, hanya guratan-guratan tipis pada permukaan material.

Yang keempat relief tenggelam, yaitu jenis relief di mana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukiran figur digambarkan tenggelam dicukil dalam permukaan dinding, jenis relief seperti ini lazim dalam kesenian Mesir Kuno.

Dari keempat jenis relief di atas pada mulanya merupakan kesenian di atas batu yang sudah ada sejak zaman dahulu, yang juga banyak kita jumpai pada bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia.

Tak berbeda dengan jaman dahulu, relief saat ini juga di buat untuk penghias bangunan-bangunan. Namun batu alam yang di gunakan cukup bervariatif dari warna dan bentuknya.

relief batu alam dari berbagai jenis batu alam
relief batu alam dari berbagai jenis batu alam

Relief batu alam biasanya di buat dengan menggunakan jenis batuan sandstone seperti batu putih, batu palem, batu palimanan, batu paras, dll. Yang memiliki tekstur agak lunak dan padat, sehingga memudahkan dalam pengukiran pada batu alam.

Jenis relief yang di produksi saat ini sangat beragam motifnya dan dapat di pesan sesuai kebutuhan jika di pesan pada pabrik pembuat relief batu alam. Namun sayangnya pabrik batu alam kami tidak memproduksi relief-relief batu alam.

Dari singkatnya artikel di atas, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi tentang relief batu alam.

==============

Artikel Sebelumnya :

batu Alam Cirebon

Aplikasi Batu Koral Penghias Taman Kolam

Rumah Batu Alam Modern Variasi Pola Pemasangan Batu Alam

Gambar Motif Aplikasi Batu Koral Sikat Untuk Lantai

Aplikasi Wall Cladding Batu Alam

4 Desain Kolam Renang Aplikasi Batu Alam


harga batu alam

batu andesit

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>