Manfaat InnerCourt

Manfaat InnerCourt – Batu Andesit Desain rumah perkotaan biasanya minim ruang terbuka, dan cenderung memanfaatkan seluruh lahan menjadi ruang terbangun. Tak heran, terbatasnya Iahan menjadi salah satu alasannya. Akibatnya, rumah menjadi panas, sumpek, dan tidak sehat. Idealnya sebuah hunian memiliki banyak bukaan dan ruang terbuka.

Manfaat InnerCourt – Batu Andesit

Manfaat InnerCourt - Batu Andesit
Manfaat InnerCourt – Batu Andesit

Pemerintah telah menetapkan ketentuan standar koefisien dasar bangunan yang mensyaratkan ketersediaan ruang terbuka sesuai dengan kawasannya. Jika lahan yang dimiliki adalah 300 meter persegi dengan ketentuan KDB sebesar 60%, itu artinya area yang terbangun hanya 60% x 300m= 180 meter persegi. Bagaimana dengan sisa Iahan 120 meter persegi, apakah akan terbuang percuma? jawabannya, tentu tidak.

Fungsi utama pembatasan area terbangun adalah untuk menyisakan lahan hijau sebagai peresapan air. Tentunya banyak manfaat lain yang bisa diambil, misalnya sebagai jalan masuknya udara dan cahaya alami ke dalam rumah. Area terbuka ini bisa difungsikan sebagai taman, kolam ikan, kolam renang atau hanya berupa hamparan rumput dan pepohonan.

Untuk area terbuka yang terletak di dalam rumah,lazim disebut inner court, bisa dimaksimalkan fungsinya. Tak hanya untuk mendapatkan sirkulasi udara segar, tapi juga memberikan penghawaan dan pencahayaan alami. Sebagai ruang terbuka, inner court kerap dijadikan meeting point oleh penghuninya. Untuk mendukung aktifitas, letakkan perangkat meja kursi di area ini. Bisa juga dibuat gazebo jika luasan Iahannya mencukupi. Tambahkan pepohonan rindang, agar suasana terlihat lebih asri.

Manfaat Inner court Dengan Batu Alam

1. Sebagai sirkulasi udara, memberi penghawaan dan pencahayaan alami

2. Menciptakan kesan lapang dan luas

3. Menjadi point of interest dalam rumah

4. Sebagai elemen estetis yang mempercantik ruang

Perhatikan hal-hal berikut dalam membuat inner court

1. LOKASI. Pilih lokasi inner court sesuai dengan kebutuhan. Penempatan inner court bisa berbatasan dengan ruang duduk, ruang makan, kamar mandi ataupun kamar tidur.

2. ARAH ANGIN. Cermati kemana arah angin bergerak, sehingga inner court dapat berfungsi dengan optimal dengan kehadiran angin.

Inner court dengan kolam ikan di lahan bagian belakang berbatasan dengan ruang santai dengan lesehan. Memanfaatkan sedikit ruang terbuka dengan kolam dan vertical garden. Menempatkan pohon pada inner court di area ruang makan, dikelilingi oleh kolam berdinding transparan. Serasa makan di udara terbuka berkat asap kaca diatasnya. Sekeliling inner court bisa tampil cantik dengan hiasan rumput sintetis, pagar, ataupun bunga-bunga sintetis.

Bagi yang memiliki hunian di lahan terbatas, sisakan sedikit ruang terbuka pada area yang berbatasan dengan tembok tetangga sebelah. Ciptakan inner court kering di ruang tersebut, untuk sirkulasi udara dan cahaya. Inner court berbentuk kolam dengan air bergerak di dalam rumah, dapat meredam panas. Rumah pun menjadi hemat energi. Untuk menghindari nyamuk, bisa digunakan kawat nyamuk di bagian atas inner court . Gunakan penutup buka-tutup, untuk masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Manfaatkan inner court sebagai kolam ikan, kolam air mancur, taman, taman kering ataupun kolam renang. Akan difungsikan sebagai kolam, pastikan adanya ikan, agar jentik nyamuk tidak leluasa berkembang.

Gunakan hardscape dan softscape yang mendukung. Contoh hardscape misalnya hamparan batu koral, grass block untuk perkerasan yang masih bisa menyerap air, atau penutup lantai mozaik.

Untuk softscapenya, pilih tanaman yang bisa tumbuh pada lahan terbatas, atau dalam pot, semisal kamboja jepang, palem, sansiviera, nanas hias atau tanaman air. Tempatkan tanaman penangkal nyamuk (Serai wangi) atau tanaman pemakan serangga (Venus trop, Drocero spothulo, Sorrocenio flow & Kantung semar/Nephenthes ). Hiasi dinding inner court dengan batu alam, air mancur, lampu, atau tanaman merambat.

Sejengkal inner court yang berbatasan dengan batas lahan. mampu mengarkan udara dan alas ke bawah, dan sebaiknya pemanfaatan sebagai kolam renang diantara bangunan tidak hanya sebagai penghantar sirkulasi udara. namun juga bisa meredam hawa panas.

Related Post :

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone

Jenis Batu Alam dan Karakteristiknya

– 7 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Berbeda

Rumah Batu Alam Dengan Variasi pola pemasangan

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

batu andesit

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>