Macam Macam Batu Andesit Menurut Jenisnya

Macam Macam Batu Andesit Menurut Jenisnya – Batu Andesit Beberapa bagian dari bumi yang tertutupi darat dan laut pada bagian laut lebih luas dari daratan. Bagaimanapun, daratan merupakan bagian kulit bumi dan dapat disaksikan secara langsung. Daerah Bumi dibingkai dari batuan. Macam batuan yang terdapat didalamnya batuan beku (igneous rocks) , batuan sedimen (sedimentary rocks) , dan batuan metamorfosa(metamorphic rocks). Batu-batu bervariasi dari satu sama lain selama proses pembentukannya.

Macam Macam Batu Andesit Menurut Jenisnya – Batu Andesit

Kita akan membahas satu persatu batuan yang digolongkan menurut jenisnya, antara lain:

Macam Macam Batu Andesit Menurut Jenisnya
Macam Macam Batu Andesit Menurut Jenisnya

1. Batuan beku (igneous rocks) Terbentuk dari batuan mineral dari magma yang membeku. Dari teksturnya dibedakan menjadi plutonik dan vulkanik. Hanya saja dibedakan dari besar mineral penyusun batuannya. Plutonik terbentuk dari magma yang lambat sehingga mineral penyusunnya semakin besar. Contoh batuan beku plutonik seperti diorite, granit, dan gabro (yang sering dijadikan hiasan rumah). Sementara batuan beku vulkanik terbentuk dari pembekuan magma yang sangat cepat (misalnya akibat letusan gunung api) sehingga mineral penyusunnya lebih kecil. Contohnya adalah basalt, andesit ( yang sering dimanfaatkan sebagai pembentukan rumah)

2. Batuan sediment (sedimentary rocks) adalah batu yang terbentuk oleh proses pembatuan atau lithifikasi dari proses pelapukan dan erosi yang kemudian mengendap. Batuan sediment digolongkan menjadi beberapa bagian diantaranya batuan sedimen klasik, batuan sedimen kimia, dan batuan sedimen organik. Besar butiran dari batuan sedimen klastik bervariasi dari mulai ukuran kecil sampai ukuran bongkahan. Batuan tersebut menjadi batuan penyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau bisa juga menjadi batuan induk sebagai penghasil hidrokarbon (source rocks). Contohnya batu konglomerat, batu pasir dan batu lempung. Batuan sediment kimia terbentuk melalui proses presipitasi dari larutan. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan pelindung (seal rocks) hidrokarbon dari migrasi. Contohnya anhidrit dan batu garam (salt). Batuan sediment organik terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup. Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) atau batuan penyimpan (reservoir). Contohnya adalah batu gamping terumbu.

3. Batuan metamorf (batuan malihan) adalah batuan yang terbentuk dari proses perubahan suhu temperature dan tekanan dari batuan yang telah ada sebelumnya. Akibat bertambahnya suhu temperature dan tekanan, batuan sebelumnya akan berubah tekstur dan strukturnya dan membentuk batuan baru dengan tekstur dan struktur yang baru. Contoh batuan tersebut adalah batu sabak atau slate yang merupakan perubahan batu lempung. Batu marmer yang merupakan perubahan dari batu gamping. Batu kuarsit yang merupakan perubahan dari batu pasir. Apabila semua batuan-batuan yang sebelumnya terpanaskan dan meleleh maka akan membentuk magma yang kemudian mengalami proses pendinginan kembali dan menjadi batuan-batuan baru lagi.

Batu Andesit – batuandesit.info

Related Post :

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone

Jenis Batu Alam dan Karakteristiknya

– 7 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Berbeda

Rumah Batu Alam Dengan Variasi pola pemasangan

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Batu Andesit

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>