Konsep Taman Hutan Tropis

Konsep Taman Hutan Tropis – Batu Andesit Taman tidak identik dengan desain lansekap yang mewah. Halaman terbatas pun tidak menghalangi kehadiran ruang hijau alami yang menyegarkan jiwa sekaligus raga. Sekecil apa pun lahan yang tersisa di depan atau sekeliling rumah Anda, manfaatkanlah sebagai ruang hijau. Anda tidak harus merancang taman dengan konsep yang memberi kesan mewah dan mahal, serta mengharuskan suatu perawatan khusus.

Konsep Taman Hutan Tropis – Batu Andesit

Konsep Taman Hutan Tropis - Batu Andesit
Konsep Taman Hutan Tropis – Batu Andesit

Anda bisa merancang sebuah taman berkonsep hutan tropis yang sederhana dan terkesan alami tanpa perawatan khusus dan berlebihan, namun berpotensi besar mendukung ketersediaan oksigen di lingkungan hunian yang terletak pada lahan relatif terbatas serta mengusung konsep tropis. Sekilas taman ini terkesan tidak teratur liar sebagaimana layaknya lanscape alami. Namun sebenarnya ketidakteraturan tersebut hadir lewat sebuah perencanaan, mulai dari pemilihan material, penataan, hingga perawatan.

PEMILIHAN DAN PENATAAN SOFTSCAPE

Material utama sebuah taman tropis adalah softscape tanaman. Secara keseluruhan, taman ini didominasi oleh berbagai jenis tanaman khas tropis yang sebagian besar memiliki ciri berdaun hijau abadi. Tampilannya mengadopsi lingkungan alami hutan tropis. Penataan taman menggunakan struktur bertingkat melalui pengolahan kontur tanah serta susunan tanaman menurut ketinggiannya. Secara prinsip taman ini terbagi atas empat tingkat tanaman. Dan, oleh karena taman ini cenderung ditujukan untuk dinikmati dari sisi sebelah dalam halaman, maka bagian tertinggi (belakang) diletakkan tepat pada sisi pagar.

Taman berkonsep dirancang dengan susunan bertingkat dengan cara mengolah kontur dan menyusun tanaman menurut tingginya. Dari depan tanaman semakin pendek, yang paling tinggi adalah pandan bali dan yang terendah adalah berupa kucai mini dan rumput gajah mini.

Perkerasan atau hard material pada area taman mengkombinasikan batu lempeng, batu koral dan beton sehingga terkesan natural sekaligus modern. Pada bagian tertinggi diisi dengan tanaman yang ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 5 meter, yaitu pohon pandan bali. Kemudian pada lapisan kedua diisi dengan jenis tanaman yang ukurannya lebih rendah dari bagian tertinggi (kira-kira 1-2 meter), yaitu keladi, Calathea lutea, daun philo atau Monsters delicioso, anthurium daun, dan walisongo. Tanaman pada lapis kedua ini sebagian besar adalah jenis yang berdaun lebar. Lapisan ketiga berisi tanaman dengan tinggi rata-rata kurang dari satu meter, seperti hanjuang, daun suji, pakis, anthurium, dan keladi. Sementara itu, lapisan terbawah diisi dengan tanaman penutup tanah berupa lilirop/kucai mini dan rumput gajah mini.
Kesan eksotik hutan tropis ditunjang oleh kehadiran tanaman epifit yang ditempelkan pada pohon, seperti paku tanduk rusa/simbar menjangan dan pakis, serta tanaman merambat yaitu sirih belanda. Sebagian tanaman juga dipelihara dalam pot dan diletakkan pada titik-titik tertentu. Misalnya, anthurium daun, walisongo, lidah mertua , palem wergu, bambu rezeki, puring, dan pucuk merah.

PEMILIHAN HARDSCAPE

Taman ini tidak banyak mengaplikasikan material hardscape, selain pada area lintasan pejalan kaki (stepping stone) dan area yang berbatasan dengan dinding bangunan. Selain menunjang konsep alami material stepping stone dan penutup tanah juga disesuaikan dengan gaya property yang cenderung modern. Pilihannya jatuh pada kombinasi kerikil/koral, beton dan batu alam. Desain simpel pada lintasan pejalan kaki, disengaja agar titik perhatian terletak pada hijaunya tanaman.

PERAWATAN

Kesan alami taman bukan identik dengan tidak dirawat. Taman mungil ini justru dirawat dengan baik. Perawatan meliputi penyiraman rutin setiap hari, terutama pada musim kemarau, dan juga pemangkasan serta pembersihan bagian tanaman yang mati atau rumput liar (gulma) secara regular. Dengan demikian taman selalu terlihat hijau segar, bersih dan rapi.

Related Post :

Cara Coating Batu Alam yang Benar

Harga Batu Alam Per Meter Persegi Pabrik Batu Alam CV. Sinergi Stone

Jenis Batu Alam dan Karakteristiknya

– 7 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Berbeda

Rumah Batu Alam Dengan Variasi pola pemasangan

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

batu andesit

Related Post

2 thoughts on “Konsep Taman Hutan Tropis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>