kolam renang batu alam

Manfaat & Contoh Desain Kolam Renang Batu Alam

Kolam Renang Batu Alam – Berenang merupakan sebuah aktifitas olahraga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dengan harga tiket masuk kolam renang yang Anda bayarkan, efek positif dari kegiatan berenang mungkin tidak akan Anda dapatkan dari aktifitas lainnya.

Menurut penelitian, kegiatan berenang merupakan jenis olahraga yang membuat seluruh otot di tubuh Anda bergerak sehingga dapat membakar lemak-lemak yang menumpuk pada tubuh Anda. Maka dari itu, jika Anda memiliki dana berlebih dalam pembangunan rumah Anda tidak ada salahnya jika Anda menggunakan dana tersebut untuk membuat sebuah kolam renang pribadi di rumah.

Manfaat Kolam Renang di Rumah

Memiliki kolam renang sendiri di rumah tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Berikut beberapa di antaranya :

  • Kolam renang pribadi di rumah merupakan inventasi jangka panjang untuk Anda dan keluarga.
  • Karena berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan, Anda dapat merasakan manfaatnya setiap hari di rumah Anda sendiri.
  • Anda dan keluarga tidak perlu lagi menunggu ada waktu luang untuk dapat pergi bersama menghabiskan waktu berjam-jam untuk persiapan atau terjebak macet di jalan ketika hendak berenang di kolam renang umum.
  • Anak-anak Anda akan lebih aman apabila berenang di rumah sendiri, karena apabila di kolam renang umum biasanya akan lepas dari pengawasan yang dapat menyebabkan kecelakaan atau yang lainnya.
  • Anda dapat mengontrol kebersihan kolam renang sendiri. Meskipun kolam renang umum tidak akan membunuh siapapun, namun jika Anda memiliki kolam renang sendiri, kualitas dan kebersihannya akan lebih terjamin dibandingkan dengan kolam renang umum.
  • Berolahraga sambil menikmati kebersamaan dengan keluarga di rumah sendiri tentunya akan sangat menyenangkan.

Kolam Renang Batu Alam

Batu alam merupakan material yang terbilang unik dan mampu menghidupkan suasana yang berbeda apabila diaplikasikan pada sebuah bangunan. Penggunaan batu alam untuk pembuatan kolam renang merupakan salah satu cara agar kolam renang dapat terlihat lebih sejuk dan alami.

Selain pada kolam renang, biasanya batu alam juga diaplikasikan pada dinding, pagar, lantai, dan lainnya. Batu alam menjadi primadona jika Anda mencari sesuatu yang dapat memperindah tampilan rumah Anda.

Ada banyak jenis batu alam untuk dekorasi kolam renang, seperti batu candi, batu andesit, batu palimanan, batu marmer, batu templek, dan lain-lain. Pemilihan jenis batu alam untuk pembuatan kolam renang sangat penting untuk diketahui.

Terdapat dua jenis batu alam untuk dekorasi kolam renang, yang pertama untuk sisi bagian dalam kolam renang dan yang kedua untuk sisi luar kolam renang. Untuk sisi bagian luar kolam renang, Anda bisa menggunakan jenis batu alam yang tidak berpori sehingga tidak akan mudah ditumbuhi lumut dan yang sifatnya kuat, contohnya batu andesit. Sedangkan untuk bagian dalam kolam renang, Anda bisa menggunakan batu yang dapat menjernihkan air seperti batu Bali Green atau Batu Candi.

Kelebihan Kolam Renang Batu Alam

Batu alam memiliki beberapa kelebihan apabila Anda hendak menggunakannya sebagai material pembuatan kolam renang, di antaranya :

  • Batu alam ini memiliki ukuran, warna dan bentuk yang beraneka ragam.
  • Batu alam memiliki karakteristik yang kuat dan tahan, sehingga sangat cocok apabila ditempatkan pada bagian bibir kolam renang. Meskipun terkena air dan cuaca panas, batu alam tidak akan mudah rapuh.
  • Penggunaan batu alam pada kolam renang akan memberikan kesan sejuk dan alami. Warna yang dihasilkan dari batu alam akan membuat kolam renang menarik untuk dipandang, fleksibel, dan tidak membosankan. Sangat cocok untuk tempat penghilang penat.
  • Perawatan batu alam juga cukup mudah karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Apabila kolam renang batu alam Anda kotor, Anda hanya perlu membersihkan dengan menyikatnya. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkannya dengan air sabun.
  • Batu alam cenderung mudah didapatkan. Toko-toko material sudah banyak yang menjualnya dengan lengkap dan dengan harga yang relatif terjangkau sesuai dengan jenis batu. Namun apabila Anda malas untuk keluar rumah, sudah banyak toko yang menyediakan penjualan secara online.
Baca juga : Daftar Harga Batu Alam Terlengkap 2018 (Per M²)

Kelemahan Kolam Renang Batu Alam

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, penggunaan batu alam untuk kolam renang juga memiliki kelemahan, di antaranya :

  • Jenis batu alam yang sama belum tentu memiliki warna yang sama juga. Sehingga Anda harus siap jika warna kolam renang batu alam Anda nantinya akan terlihat sedikit berwarna-warni.
  • Ada beberapa jenis batu alam yang berpori-pori besar, hal ini dapat membuat batu alam mudah berlumut atau bahkan berjamur nantinya. Selain itu, batu alam juga akan mudah dimasuki air yang akan membuat batu menjadi licin. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus sering membersihkan batu dengan melapisinya dengan cairan coating.
  • Apabila batu alam terkena coretan atau tumpahan cat, maka akan sulit untuk dibersihkan.
Baca juga : 4 Langkah Coating Batu Alam Yang Benar

4 Contoh Desain Kolam Renang Batu Alam

Desain kolam renang tergantung dari ketersediaan dana, fungsi, dan gaya bangunan. Semakin rumit desain yang diinginkan maka akan semakin tinggi biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk rumah dengan lahan yang terbatas, dapat dibuat kolam dengan bentuk yang memanjang di bagian samping rumah.

Berikut akan kami berikan 4 contoh desain kolam renang batu alam yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda :

  • Dua Anak Tangga dalam Kolam

kolam renang batu alam
kolam renang batu alam – dua anak tangga dalam kolam

Terdapat tangga dalam kolam renang ini. Tangga dalam kolam renang didesain dengan menggunakan batu alam yaitu batu andesit. Batu alam ini bertekstur kasar dan tidak berpori. Tangga pada kolam renang ini berfungsi sebagai pijakan apabila hendak naik ke atas atau tepi kolam renang. Selain itu, tangga dibuat terbagi dua yang pada bagian tengahnya terdapat sebuah teras untuk duduk.

  • Kolam Renang Sebagai Sumber Cahaya

kolam renang batu alam
kolam renang batu alam – kolam renang sebagai sumber cahaya

Resort tanpa kolam renang bagaikan sayur tanpa garam. Begitu juga dengan resort dan restoran yang bergaya etnik ini yang memaksimalkan potensi alam Indonesia. Kolam renang memang sengaja dibuat berbentuk oval atau tidak bersudut untuk menghilangkan kesan kaku.

Pemilihan batu candi berwarna gelap untuk frame kolam renang bertujuan agar warna biru dari keramik dasar kolam dapat menyinari lingkungan di sekitarnya. Jika tidak ada yang berenang, kolam ini juga berfungsi sebagai kolam hias raksasa. Ini ditandai dengan adanya pancuran air yang keluar dari patung kura-kura.

  • Kolam Renang Berbingkai Palimanan

kolam renang batu alam
kolam renang batu alam – kolam renang berbingkai palimanan

Kolam berbentuk persegi panjang yang berbingkai batu palimanan ini berada di bagian belakang rumah. Dilihat dari penggunaan batu alam pada dinding taman dan bingkai kolam renang, penghuni rumah ini menyukai warna yang terang dan lembut, sehingga area terbuka tampak luas. Bingkai pertama batu palimanan dipasang sejajar, sedangkan pada bingkai kedua dipasang acak mesin. Adanya tanaman hias pada pojok kolam menjadi penyeimbang suasana panas batu palimanan, sehingga terasa sejuk dan asri.

  • Mengadopsi Arsitektur Bali

kolam renang batu alam
kolam renang batu alam – mengadopsi arsitektur bali

Kolam renang ini bergaya arsitektur Bali. Hal ini ditandai dengan pola pemasangan batu candi yang diselingi dengan batu palimanan. Kombinasi dari kedua batu tersebut mirip dengan pola pada papan catur yang banyak terdapat pada bangunan bergaya arsitektur Bali. Untuk menghidupkan suasana, di setiap sudut kolam renang yang menjorok ke tengah, dibuat tiga tugu pancuran berdinding batu palimanan rata alam.

Baca juga : Kolam Hias Batu Alam, Penyegar Halaman Rumah Anda

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *