kelebihan dan kekurangan batu alam

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

Kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah – Di masa modern saat ini batu alam tengah menjadi primadona di antara material-material bangunan yang lainnya. Tentunya bukan tanpa alasan, itu semua karena batu alam memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material bangunan yang lainnya. Namun, bukan berarti batu alam tidak memiliki kelemahan atau kelebihan. Tentu saja batu alam memiliki kekurangan yang tidak dimiliki oleh material bangunan yang lainnya.

Berikut kami akan uraikan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari batu alam yang mungkin akan menjadi pertimbangan Anda yang ingin menjadikan batu alam sebagai material bangunan untuk rumah Anda.

Kelebihan Batu Alam Untuk Rumah :
  1. Berkesan natural, elegan, dan mewah

Rumah yang dilapisi batu alam dengan maksimal apalagi tema yang dipakai untuk rumah lebih kepada tema tradisionalis, tentunya tampilan rumah akan terlihat sangat alami/natural. Batu alam juga akan menambah nilai estetika rumah Anda dan tentu saja hal tersebut akan membuat rumah terlihat elegan dan mewah, bahkan apabila rumah Anda memiliki ukuran yang minimalis sekalipun, karena saat ini perumahan-perumahan di perkotaan pun telah banyak menggunakan batu alam sebagai material.

  1. Bebas lumut dan jamur

Berbeda halnya dengan keramik ataupun marmer, menggunakan batu alam sebagai material utama dalam mempercantik desain rumah anda ialah anda akan terhindar dari noda lumut dan jamur, seperti yang kita ketahui bersama jamur dan lumut merupakan masalah klasik yang dapat menggangu keindahan rumah anda, nah dengan menggunakan batu alam maka anda akan terhindar dari jamur dan lumut.

  1. Tidak perlu di terlalu sering dirawat

Yang menarik saat anda menggunakan batu alam sebagai material utama dalam mendesain rumah anda ialah tidak memerlukan proses perawatan sebab batu alam merupakan salah satu jenis batu alam yang memiliki warna yang indah oleh sebab itu anda tidak perlu merawat nya terlalu sering.

Baca juga : Tips Perawatan Dinding Batu Alam

  1. Ukurannya fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Batu alam memiliki berbagai macam ukuran dari yang berukuran kecil hingga besar dan dengan bentuk yang bermacam-macam pula. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan karena Anda dapat mendesain sesuai dengan selera Anda, tidak monoton dan tentunya akan lebih indah untuk dipandang.

  1. Rumah dapat menjadi lebih berwarna

Batu alam tidak hanya memiliki ukuran dan bentuk yang bermacam-macam, tetapi juga memiliki varian warna yang cukup banyak. Anda hanya tinggal memilih warna apa yang menjadi favorit Anda untuk mendesain rumah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika rumah Anda memiliki desain sesuai dengan selera Anda tentunya Anda membuat rumah Anda semakin indah dan nyaman untuk ditempati.

  1. Harga jual rumah akan jauh lebih mahal

Jelas lebih mahal karena bahan dasarnya juga berharga mahal. Namun harga jual rumah bisa lebih mahal dan bertambah mahal hanya karena kenaikan dari batu alamnya. Karena rumah memiliki berbagai bebatuan yang di desain indah, tentu harga rumah pun menjadi mahal. Belum lagi kenaikan akibat harga tanahnya dan sebagainya. Seperti yang kita tahu, investasi properti rumah tidak mengalami penurunan kecuali kasus-kasus tertentu dan itu pun jarang terjadi.

Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah :
  1. Warnanya tidak bisa seragam, namun sebenarnya itulah keunikannya

Batu alam tertentu memiliki corak yang tidak seragam. Memang ini salah satu kelebihan tersendiri. Namun yang menjadi masalah adalah membutuhkan keterampilan sendiri dalam pemasangannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena produsen batu alam biasanya sudah merancang model batu alamnya sehingga bisa memudahkan untuk dipasang.

  1. Memiliki pori-pori yang besar sehingga harus ditutup dengan bahan khusus lagi

Memang tidak untuk semua batu. Adapaun untuk beberapa batu yang memiliki pori-pori besar memiliki masalah tersendiri seperti berlumut karena air mudah meresap dalam batu. Hal ini tentu perlu penanganan tersendiri dengan alat pelapis agar air tidak masuk. Namun perlu pelapis yang masih memperlihatkan keaslian batu.

  1. Resiko sulit diperbaiki

Bila rumah terkena banjir sampai mengotori dinding yang terbuat dari batu, tentu masih bisa diatasi dengan disemprot dengan air. Namun yang menjadi masalah adalah ketika ada orang iseng yang sengaja mencoret-coret rumah dengan cat plastik, maka sulit sekali diatasi. Paling solusi yang bisa diatasi adalah mengganti batu. Resiko mengganti batu maka akan memiliki kerepotan tersendiri bila perekat pada batu alamnya sangat kuat.

  1. Material cenderung berat, sehingga saat distribusi dan pemasangan cukup repot

Batu alam memiliki berat yang berbeda dibandingkan material lantai yang lainnya. Dengan berat yang lebih dibandingkan rata-rata, Anda akan membutuhkan bantuan ekstra dalam pemasangan. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk menggunakan batu ini pada bangunan bertingkat, terlebih dahulu Anda harus memastikan struktur bangunan Anda kuat supaya dinding tidak retak dan tidak akan roboh.

  1. Harganya lebih mahal dibandingkan harga keramik

Kualitas dan keindahan batu alam ternyata berbanding lurus dengan harganya yang mahal. Jika anda sedang mengirit budget, menggunakan material ini bukanlah solusi yang tepat.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah. Semoga bermanfaat! 😉

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *