kamar mandi klasik

Desain Kamar Mandi Klasik Menggunakan Batu Alam

Kamar mandi klasik dengan batu alam – tampilan rumah yang nyaman akan membuat orang menempatinya merasa nyaman pula. Tampilan yang diutamakan yaitu kamar tidur yang digunakan untuk beristirahat setiap harinya. Lalu ruang keluarga dan ruang tamu, tempat untuk berkumpul dengan sanak saudara ataupun kerabat dekat. Selain itu termasuk juga kamar mandi yang tidak boleh asal harus dipikir matang – matang setiap elemen diruangannya. Karena tidak sama seperti baju, jika sudah bosan bisa ganti begitu saja. Lain dengan desain rumah yang akan ditempati terus menerus kecuali ada niatan merenovasinya.

Desain kamar mandi tentunya akan lebih menarik apabila dipadukan dengan imajinasi, kreatifitas, tema, dan desain yang unik. Meskipun kamar mandi identik dengan fungsinya sebagai tempat pembersihan, namun sudah ada banyak sekali desain kamar mandi yang keren salah satunya desain kamar mandi klasik.

Berbicara soal kamar mandi, dalam ranah arsitektur memang tidak monoton. Perkembangan desain kamar mandi selalu meningkat secara dinamis. Namun begitu, bahan dasar dari berdirinya kamar mandi sendiri cenderung tidak banyak berubah. Dari dahulu hingga sekarang batu alam masih menjadi primadona sebagian besar pemilik rumah untuk diterapkan pada kamar mandi mereka.

Tidak bisa dipungkiri memang, batu alam memiliki kualitas dari segi ekonomi, daya tahan, dan seni yang sulit ditandingi oleh bahan baku untuk kamar mandi lainnya. Penerapannya pun bisa beragam. Namun pada umumnya batu alam pada kamar mandi biasanya diterakan pada bagian lantai, meja rias atau meja wastafel, bak mandi, dan bagian dinding. Sedangkan untuk jenis dari batu alamnya sendiri tentu saja bermacam-macam, tergantung dari tema kamar mandi tersebut dengan ruangan lain, fungsi, dan selera.

Banyaknya warna dari batuan alam juga membuat pemilik rumah lebih mudah memilih model batu alam yang cocok bagi kamar mandi mereka. Terlebih saat ini batu alam sudah diproduksi dengan tambahan-tambahan ukiran yang memang banyak digunakan untuk ruangan yang banyak terkena air.

Meskipun terlihat rumit, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hal terpenting dari kasus ini adalah kreatifitas. Anda bisa menggabungkan lebih dari sau jenis batu. Anda juga bisa memadukan desain minimalis dengan batuan dengan warna yang netral, semisal hitam dengan pola yang unik. Anda juga bisa membedakan batu alam untuk lantai dan dinding.

kamar mandi klasik

Desain kamar mandi batu alam yang paling terkenal adalah desain batu alam di dinding dan lantai kamar mandi. Batu alam yang digunakan juga bukan batu alam sembarangan. Batu tersebut juga mengalami proses pembentukan terlebih dahulu agar sesuai dengan tipe bangunan dari rumah dan kamar mandi di dalamnya.

Desain batu alam untuk dinding dan lantai kamar mandi adalah sebuah ide konsep berdasarkan desain rumah jaman dahulu kala dimana orang-orang jaman dahulu membangun rumah atau hunian mereka menggunakan batu alam yang ada di sekitar mereka.

kamar mandi klasik

Batu alam di kamar mandi memiliki kegunaan yang bermanfaat, salah satunya membuat tampilan kamar mandi Anda terlihat seperti kamar mandi alami yang segar dan juga elegan. Efek yang dihasilkan pun juga berbeda tergantung jenis batu alam yang digunakan. Sebelum Anda memulai mendesain kamar mandi dengan batu alam.

Mari kita simak beberapa jenis batu alam untuk kamar mandi klasik Anda berikut ini :

  1. Batu Alam Andesit

Apa itu batu alam endesit? Batu alam endesit adalah batu alam yang paling banyak digunakan untuk mendesain rumah, termasuk kamar mandi. Batu ini juga dibagi menjadi beberapa jenis batu lain yaitu batu alam endesit bintik bakar Cipanca, batu alam endesit bintik bakar Gunung Haur, batu alam endesit sirih bintik, dan batu alam endesit sirih polos. Jenis Cipanca dan Gunung Haur berwarna lebih gelap sedangkan sirih bintik dan polos cenderung berwarna lebih cerah.

  1. Batu Marmer

Anda sudah pasti mengenal jenis batu alam yang satu ini, yaitu batu marmer. Batu marmer adalah jenis batu yang digunakan untuk melapisi lantai dan dinding rumah. Keunikan dari batu marmer adalah desain yang ditampilkan. Batu ini bisa menambah gaya yang elegan sekaligus mewah di kamar mandi Anda. Tidak heran jika batu ini sekaligus di desain untuk dinding dan lantai kamar mandi.

  1. Batu Bata

Batu bata mungkin batu biasa namun bisa menjadi batu yang menarik jika Anda mendesainnya dengan benar. Menampilkan warna dan desain alamai batu bata di kamar mandi sangatlah unik, Anda hanya harus memilih desain batu bata yang dibuat awet dalam ruangan yang lembab. Biasanya ada lapisan khusus yang dioleskan ke batu ini.

  1. Batu Kerikil Sungai

Batu kerikil sungai adalah batu dengan ukuran kecil-kecil seperti kelereng. Jumlah batu yang banyak dan di susun di dinding kamar mandi dan lantai kamar mandi bisa membuat kamar mandi Anda terlihat unik. Batu jenis ini juga awet dan mudah untuk di susun dalam proses mendesain kamar mandi. Anda perlu ketelitian lebih saja dalam menyusunnya.

  1. Batu Candi

Jika Anda pergi ke tempat wisata candi, Anda akan menemukan batu jenis batu candi yang digunakan untuk membangun candi tersebut. Batu candi hampir mirip dengan batu alam endesit namun ketahanannya jauh lebih kuat dibandingkan batu alam endesit. Buktinya Anda masih bisa melihat candi yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Itulah beberapa contoh desain kamar mandi klasik yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang mencari inspirasi mendesain kamar mandi rumah Anda. ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *