Uniknya Jenis Batu Palimanan Khas Dari Cirebon

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis batu palimanan, kita harus ketahui seluk beluk batu palimanan tersebut.

Batu alam palimanan adalah pionir batu alam di Indonesia. Batu Palimanan digunakan untuk material dekoratif  sejak era 80-an.Pada tahun 1996 mulai di kenal teknik pemotongan batu alam menggunakan mesin.

Inovasi pengrajin selanjutnya dapat menghasilkan finishing produk batu alam yang bervariasi. Diantaranya Rata Mesin, Rata Alam, Bakar,Poles. Tersedia dari ukuran yang sangat kecil hingga ukuran 60x120cm. Adapun modelnya seperti   Susun Sirih, Random Batu Templek hingga Slab Rata Mesin.

Batu alam merupakan material yang sangat unik karena sangat bergantung asal penambangannya. Ada yang dari lava gunung berapi (andesit, granit, basalt), sedimentasi ( sandstone ), dan Fosil (Limestone dan Marmer). Uniknya lagi jarang sekali batu alam memiliki motif atau corak yang sama antara daerah satu dan yang lainnya. Karenanya Batu Palimanan Cirebon mungkin tidak akan ditemukan di Yogjakarta atau daerah lainnya  begitupun sebaliknya. Dengan ukiran batu palimanan yang khas dan memiliki perbedaan dari daerah lain.

Jenis batu palimanan

terdiri dari 3 jenis, antara lain:

1. Batu Andesit

Merupakan hasil dari pada aktivitas gunung berapi memiliki karakteristik berwarna abu terdapat bintik putih. Dengan tekstur phoforitik (tekstur kasa) dan afanitik (Tekstur halus), cukup kuat dengan struktur tiang dan struktur berlembar.

Ada juga Batu Andesit Bintik Putih, dan Batu Andesit Hitam Nero. Dari beberapa jenis ini para produsen batu palimanan kemudian membuat berbagai macam alur  yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Diantaranya adalah sebagai berikut Batu Andesit Alur , Batu Andesit Rata alam, Batu andesit poles dan Batu andesit Bakar dsb

2. Batuan Endapan

Disebut juga batuan Sedimen adalah hasil daripada endapan bebatuan yang mengeras. Bisa juga dari endapan sisa-sisa binatang dan tumbuhan. Di Palimanan sendiri batuan sedimen lebih dikenal dengan Batu Palem. Palem disingkat dari nama palimanan sendiri.

Cirinya kekuatannya tidak sekeras batu andesit, dengan warna yang lebih menojol. Seperti warna cerah seperti batu palimanan putih, dan batu palimanan kuning kecoklatan. Diantara yang dikenal di pasaran batu palimanan sedimen adalah sebagai berikut:

Dari ketiga kategori besar diatas yang beredar dipasaran bervariasi lagi diantaranya adalah Batu palimanan rata mesin, batu palimanan rata alam, batu palimanan kulit jeruk. masing-masing digunakan sesuai dengan selera design pada aplikasi penggunaannya pada bangunan, pada batu alam dinding batu palimanan dan sebagainya.

3. Batu Palimanan Putih
Dari ketiga kategori besar diatas yang beredar dipasaran bervariasi lagi diantaranya adalah Batu palimanan rata mesin, batu palimanan rata alam, batu palimanan kulit jeruk. masing-masing digunakan sesuai dengan selera design pada aplikasi penggunaannya pada bangunan, pada batu alam dinding dan sebagainya.
Batu Alam yang asli dari palimanan sendiri selain yang disebut diatas ada juga Sandstone  Putih bobos, Putih Cacing, Cupang Merah.

Kami CV. Sinergi Stone berbekal pengalaman yang luas ditunjang dengan sarana produksi yang mumpuni, kami mampu memberikan layanan cepat dan prima serta produk Batu Andesit yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan kompleks proyek anda, mulai dari ukuran terkecil 10x10cm hingga 60x120cm dengan berbagai model variasi finishing produk.

Demikian adalah paparan tentang jenis batu palimanan khas Cirebon, semoga bermanfaat untuk semua.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>