jenis batu alam untuk pagar

Jenis Batu Alam Yang Cocok Untuk Dinding Pagar Depan Rumah

Jenis Batu Alam Untuk Pagar – Pagar merupakan salah satu bagian dari rumah yang bisa dibilang sangat penting. Pagar merupakan faktor pendukung keamanan sebuah rumah dari berbagai bahaya yang mungkin dapat menghampiri. Saat ini, desain sebuah pagar sudah sangat beragam, baik dari segi bentuk ukuran warna bahkan material yang digunakan dalam pembuatannya.

Batu alam menjadi material yang paling sering digunakan untuk pembuatan sebuah dinding pagar, karena batu alam cenderung memiliki motif warna dan ukuran yang beragam. Batu alam juga lebih kuat jika dibandingkan dengan material pembuatan dinding pagar yang lainnya, sehingga batu alam dapat melindungi sebuah rumah dengan lebih baik.

Ada 2 jenis batu alam untuk pagar yang paling cocok digunakan. Kedua jenis batu alam untuk pagar ini, masing-masing memiliki kelebihan jika dilihat dari proses terbentuknya dan material yang membentuk kedua batu alam ini. Seperti kita ketahui pada artikel yang telah lalu, batu andesit terbentuk dari lava gunung berapi yang telah membeku atau biasa di sebut batuan lava (lavastone).

Sedangkan batu palimanan merupakan batu yang berasal dari sedimentasi butiran pasir yang bermetamorfosis sehingga membentuk guratan-guratan indah pada bidang permukaannya, batu ini biasa di sebut batuan pasir (sandstone).

Pagar batu alam dengan kedua batu inipun memiliki kelebihan masing-masing satu sama lain, batu andesit (lavastone) memiliki tekstur dengan kekerasan yang tinggi serta memiliki pori-pori yang padat, sehingga batu andesit tidak mudah menyerap air yang dapat memicu pertumbuhan lumut ataupun jamur. Sangat cocok untuk ekterior.

Sedangkan batu palimanan (sandstone), meskipun terbentuk dari pasir, batu ini memiliki kepadatan yang tidak berbeda dari batu andesit, tetapi tingkat kekerasan batu palimanan sedikit masih di bawah batu andesit. Satu keunggulan batuan pasir adalah memiliki corak pada permukaannya, tidak hanya batu palimanan, hal ini berlaku juga untuk batu cupang merah, batu putih, batu palem dan batu putih cacing.

Berikut akan kami jelaskan kelebihan dari kedua jenis batu alam untuk pagar yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda.

1. Batu Alam Andesit

jenis batu alam untuk pagar

jenis batu alam untuk pagar

Batu Alam Andesit memang memiliki tampilan yang kokoh, elegan dan mewah. Tidak mengherankan pula jika sering di aplikasikan pada dinding rumah, seperti pada rumah tersebut. Pagar Batu Alam Andesit di padukan dengan dinding batu alam andesit, membuat tampilan rumah ini semakin terlihat mewah dan elegan.

2. Batu Alam Palimanan

jenis batu alam untuk pagar


jenis batu alam untuk pagar

Meskipun tidak terlihat se elegan pada dinding pagar batu alam andesit di atas, namun tampilan warna kuning dari batu palimanan, membuat pagar batu alam ini terlihat cantik, natural dan menyejukkan dengan kombinasi batu alam templek pada pagar bagian bawah.

Kedua pagar batu alam dari dua jenis batu alam yang berbeda ini memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing. Namun jika anda ingin mengaplikasikan salah satu dari jenis batu alam ini untuk pagar, tentukanlah tema yang tepat terlebih dahulu dari bangunan rumah anda sebelum mengaplikasikannya. Hal terbaik dari suatu proses adalah merencanakannya terlebih dahulu.

Tips Untuk Pagar Batu Alam

Pagar batu alam tidak akan lepas dari cat/coating batu alam, karena pagar batu alam merupakan bagian eksterior dari rumah, yang setiap harinya selalu menghadapi cuaca yang tidak menentu. Penggunaan coating di gunakan untuk melapisi dan melindungi batu alam dari lumut atau jamur dan juga sebagai penegas dari warna batu alam tersebut.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>