Coating Batu Alam dan Perawatannya..

Setelah pemasangan batu alam, kamu bisa menambah sentuhan terakhir untuk mempercantik tampilan dari batu alam itu sendiri. Seperti coating batu alam dan juga pemasangan ornamen-ornamen tambahan. Tidak lupa juga harus rutin melakukukan perawatan pada batu alam supaya tidak menjadi cepat rusak dan kotor.

Coating dalam bahasa inggris adalah yang berarti melapisi. Teknik ini menggunakan bahan yang bernama “coat” yang berarti lapis atau pelapis. Namun, masyarakat pada umumnya lebih mengenal kata coating atau coat dari pada istilah lapis dan atau melapisi. proses ini biasanya dilakukan pada batu alam atau di sebut juga dengan istilah coating batu alam.

Coating ini berbentuk cairan seperti minyak dan tidak memiliki bau yanng menyengat. Sehingga warna asli dari batu alam tersebut masih sangat jelas.

Ada dua jenis coating yang memang sering dipakai.
  1. coating yang menghasilkan kesan mengkilap (glossy)
  2. coating yang tidak menghasilkan kesan mengilap (doff)

Kedua jenis coating tersebut tentu bisa menjadi pilihan. Tergatung jenis batu dan selera dari kamu. Apakah mau penampilan batu alaam tersebut menjadi lebih mengilap atau biasa aja atau tampak natural seperti batu.

Tujuan dari ditambahkannya proses coating pada pemasangan batu alam diantaranya adalah sebagai aksesori dan sebagai pelindung batu alam dari cuaca ekstrim.

Coating untuk aksesori lebih bertujuan agar penampilam batu alam menjadi lebih cantik. Apalagi saat terkena paparan sinar matahari batu alam akan menampakkan kesan mengilap dan mewah. Selain itu, dengan adanya proses coating maka akan menampakan tekstur dan pola yang terdapat pada kulit atau permukaan batu alam.

Sebenarnya proses pelapisan atau yang biasa coating lebih ditujukan pada batu alam yang dipasang pada eksterior bangunan. Bayangkan saja ketika setiap hari batu alam harus terkena langsung dengan paparan sinar matahari dan juga air hujan (jika hujan). Belum juga langsung terkena paparan debu, lumut, dan juga serangan jamur.

Namun, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa batu alam sebenernya tidak perlu di coating. Mereka baralasan agar penampilan batu alam terlihat lebih natural dan alami.

Coating batu alam

Teknik Melakukan Coating Pada Batu Alam

Alat dan Bahan;

  • Kuas
  • Coasting
  • Sikat Kawat
Langkah-langkah dalam mengerjakan coating batu alam;
  1. Sebelum dilakukan proses coating, usahakan bersihkan dulu batu alam supaya terhindar dari debu-debu atu kristal-kristal hasil pemotongan batu. Caranya, batu alam di cuci hingga benar-benar bersih atau cukup disikat dengan sikat kawat halus. Caranya; batu alam harus di cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih atau cukup disikat dengan kawat yang benar benar halus. Proses ini bertujuan agar coat yang di berikan benar-benar meresap ke batu alam dan memaksimalkan tekstur batu alam tersebut.
  2. Jika batu alam sudah benar-benar keringn 100% atau sudah benar-benar bersih, maka lakukanlah coating dengan hati-hati.
BACA JUGA http://batuandesit.info/cara-mudah-coating-batu-alam/

ORNAMEN TAMBAHAN

Pemberian ornamen tambahan biasanya dilakukan pada bidang-bidang yang luar dan vertikal. Misalnya pada dinding luar dan pagar. Tujuan lain dari pemberian ornamen ini juga agar penampilan dari batu alam secara keseluruhan tidak membosankan dan makin enak di pandang mata.

Saat ini sudah banyak bermacam-macam ornamen atau relief yang bisa digunakan sebagai penghias atau aksesori tambahan. Mulai dari relief flora, fauna, batik, bintang, abstrak, dan ornamen tambahan lain sebagainya.

Untuk pemilhan ornamennya tidak ada standar bakunya, tergantung selera dari masing-masing orang tersebut. Biasanya untuk ornamen yang dibuat menggunakan batu alam paras jogja. Teksturnya yang putih dan mudah dipahat membuat batu alam paras jogja ini sangat cocok jika dijadikan sebagai relief untuk mempercantik tampilan batu alam tersebut.

PERAWATAN BATU ALAM

Batu alam yang digunakan sebagai elemen terluar dalam sebuah bangunan yang juga rentan terhadap cuaca. Karena batu alam akan terkena paparan sinar matahari dan air hujan secara langsung. Hal ini juga tidak terkecualikan pada batu alam yang dipasangan pada interior.

Agar penampilan dari  atu alam menjadi lebih cantik dan mewah maka perlu perawatan yang dilakukan secara berkala dan rutin. Untuk batu alam yang dipasang pada eksterior, lakukanlah perawatan secara berkala dengan mencoating setiap 6 bulan sekali. Sedangkan untuk batu alam yang di pasang pada bagian interior, cukup melakukan coating ulang selama satu tahun sekali.

Untuk batu alam yang tidak melalui proses coating, cukup di bersihkan dengan vacum cleaner hingga debu-debu yang menyebabkan batu kusam dan lumut hilang. Cara ini juga berlaku untuk batu alam pada elemen eksterior.

Website Lain CV. Sinergi Stone :

Jualbatualam.net

batupalimanan.com

hargabatualam.net

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.c1om

Cukup sekian tentang bagaimana cara coating batu alam dan perawatan yang di butuhkan.  Semoga menambah referensi 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *