Batu Andesit Tebal Standar Dan Tebal Khusus

Batu alam andesit merupakan jenis hard lava stone dimana tingkat kekerasanya dibawah granit. Batu alam andesit yang dulu hanya sekedar penghias dinding rumah dan kolam telah beralih fungsi menjadi material bangunan yang utama. Batu Andesit menurut ketebalannya ada batu andesit tebal standar dan batu andesit tebal khusus. Kekuatan dan nilai artistik yang dimiliki batu andesit.

batu andesit tebal standar

Menjadikan batu alam ini sebagai material utama pengganti paving dan banyak diaplikasikan untuk landscape, carport, alun-alun, trotoar, pedestrian hingga jalan utama. Harganya yang  terjangkau karena jauh dibawah granit membuat batu andesit menjadi pilihan yang optimal untuk bisa memberikan kesan mewah pada bangunan dengan tetap menghemat anggaran yang ada.

Fast respon owner sinergistone WA 081222950965

Batu alam andesit di indonesia terpusat produksinya hanya di kabupaten cirebon dan kabupaten majalengka. Produsen batu andesit berkumpul diperbatasan dua kabupaten tersebut. Sinergi stone memiliki 4 lokasi pemotongan yang tersebar di wilayah kabupaten majalengka dan cirebon. Sinergi stone adalah produsen batu andesit terbesar di Indonesia total mesin yang beroperasi berjumlah 47 unit dengan kapasitas produksi berbagai ukuran tebal standar 1.4cm sebanyak 600 meter peesegi per hari. Disini batu ukuran apapun dengan ketebalan apapun bisa diproduksi sesuai permintaan. Standar batu andesit umumnya tertulis di BQ proyek itu 1.5cm biasanya tebal standar ini banyak diaplikasikan untuk dinding dan pedestrian.

Akan tetapi banyak yang tidak memahami bahwa batu andesit itu bukan hasil cetakan seperti keramik melainkan hasil pemotongan oleh gergaji semi otomatis dimana tumbukan gergaji dan getaran mesin membuat hasil potongan batu bergeser sebanyak 1 s/d 3 milimeter. Hal ini menjadi pengetahuan dasar untuk semua pihak yang menggunakan batu alam ketika kita menginginkan batu tebal standar 1.5cm maka batu yang didapat bisa lebih atau kurang ketebalanya dengan batas toleransi 3 mm. Artinya batu yang akan kita peroleh bisa tebal 1.5cm, 1.4cm, 1.3cm, 1.2cm. Jadi ketika anda memesan batu andesit mendapatkan ketebalan batu seperti tadi maka anda tidak perlu terkejut karena memang ada toleransi 3 mm dan telah disepakati bersama oleh semua pabrik batu alam.

batu andesit tebal standar

Meningkatnya kebutuhan batu andesit untuk carport dan jalan membuat meningkatnya pula kebutuhan akan batu andesit yang lebih tebal dari tebal standar. Ketebalan batu ini dibutuhkan agar batu lebih mampu menopang beban yang berat sehingga ketebalan khusus ini kemudian memiliki peruntukanya masing-masing yaitu tebal 2cm, 3cm dan 5cm. Tebal batu 2cm banyak di minati biasa tebal 2cm diaplikasin ke dinding, lantai interior atau eksterior rumah atau hotel dan perkantoran, pedestrian dan trotoar serta carport rumah tinggal. Kesimpulanya tebal 2cm dapat menopang beban kurang dari 2 ton. Andesit tebal 3cm umumnya digunakan untuk carport hotel, perkantoran dan mall. Andesit tebal 3cm mampu menopang berat beban maksimmal hingga 5ton.

Andesit tebal 5cm biasa banyak di aplikasikan untuk carport mall dan pasar serta jalanan komplek perumahan atau perkantoran. Ketebalan batu 5cm ini perlu jika medan yang teraplikasi akan dilewati mobil bermuatan hingga dump truck dengan berat maksimum 12 ton. Untuk kebutuhan khusus jalan raya yang dilewati kontainer atau fuso atau tronton dengan berat lebih dari 22 ton sebaiknya menggunakan ketebalan khusus diatas 10cm. Selain ketebalan batu, komposisi dan ketebalan serta komposisi base atau coran juga kunci kesuksesan aplikasi batu andesit dalam menopang beban berat sehingga lebih tahan atau awet semaksimal mungkin.

Sinergi stone telah memproduksi andesit dengan beraneka ketebalan, contohnya carport mega mall Q big di bsd menggunakan andesit tebal 3cm pada proyek tahun 2015. Tebal 3cm juga digunakan pada proyek trotoar kota medan tahun 2017, di kota tua jakarta proyek tahun 2016 dan 2017 menggunakan andesit dengan tebal 8cm dan 12 cm dan banyak sekali proyek yang lainnya tidak dapat disebutkan satu persatu karena banyak sekali yang sudah menggunakan andesit dengan ketebalan khusus.

Info lebih jelas mengenai batu andesit tebal standar dan tebal khusus langsung ke owner sinergistone WA 081222950965

Bukan hanya pada faktor kekuatan ketebalan standar dan Khusus batu andesit  juga akan sangat berpengaruh pada harga andesit, kecepatan produksi, dan biaya pengiriman.

batu andesit tebal standar

Berikut ilustrasi Batu Andesit Tebal Standar dan Tebal Khusus.

Batu andesit tebal standar yang dibakar dengan ukuran  30x60cm tebal 1.5 cm  kapasitas produksi per hari 200meter berat per meter 30kg harga 100.000 per meter belum termasuk ongkos kirim. Maka jika anda pesan tebel 3cm yang jelas 2 kali lipat dari tebal standar seperti, andesit bakar tebal khusus 30x60cm tebal 3cm kapasitas produksi jadi 100 meter per hari berat. Per meter 70kg harga 180rb per meter belum ongkos kirim. Dari fakta diatas maka kami akan menjawab beberapa pertanyaan.

  1. Mengapa kapasitas produksi menurun ?

Jawab : Karena bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi tebal khusus dan waktunya sama hanya beda satu kali potongan gergaji saja jadi  antara tebal 1.5 cm dan 3cm. Sehingga kecepatan produksi terkait jumlah meteran yang didapat menjadi separuhnya.

  1. Mengapa berat nya bertambah lebih dari 2 kali lipat?

Jawab : Karena saat anda pesan batu andesit tebal standar 1.5cm maka batu yang dihasilkan lebih dominan. Kurang dari 1.5cm dengan toleransi 3mm tadi karnanya batu yang didapat 1.2cm, 1.3cm,1.4cm, demikian sangat sulit untuk dirubah sudah menjadi budaya operator mesin di seluruh pabrik batu alam di cirebon dan majalengka. Sedangkan saat anda meminta tebal khusus 3cm maka batu yqng akan akan memperoleh ketebalan minimal batu 3cm dengan tetap toleransi 3mm, karenanya batu yg di dapat akan 3.1cm,3.2cm dan 3.3cm. Jadi untuk pesanan luar jawa dengan kontener 20ft biiasa andesit tebal khusus akan ditimbang terlebih dahulu baru dikonversikan ke batas maksimal beban kontener yaitu 21 ton.

Fakta tahun 2017, Order batu andesit tebal standar untuk banda aceh menggunakan kontener 20ft batu andesit. Termuat maksimum 700 meter persegi, akan tetapi untuk tujuan medan dengan batu andesit tebal 3cm ukuran 15x30cm menggunakan kontener 20ft batu hanya termuat maksimal 270meter persegi.

batu andesit tebal standar

Fast respon owner sinergistone WA 081222950965

  1. Mengapa harga tebal 1.5cm naik sebanyak 80% untuk tebal 3cm?

Harga tebal 1.5cm ukuran 30x60cm adalah 100.000 per meter, sedangkan yang tebal 3cm, karena 2 kali dari tebal 1.5cm harganya adalah 200.000 per meter. Akan tetapi ada pengurangan sebanyak 20% dimana angka ini diperoleh dari 10.000 dari ongkos pengurangan satu kali sisiran gergaji dan 10.000 lagi dari proses pembakaran. Karena itu harganya menjadi 180.000 per meter persegi.

Dari angka angka tersebut terungkap fakta sebenernya tentang hal-hal yang harus diperhatikan secara detail.

Agar anda bisa menjadi smart buyer. Melalui artikel ini saya owner sinergistone berharap. Ketebalan batu agar betul- betul didasarkan akan tingkat kebutuhanya. Supaya penggunaan batu andesit sebagai material bangunan yang utama bisa efektif dan efisien. Jangan sampai karena kesalahan penentuan spesifikasi dan fungsi diawal yang kemudian diikuti kesalahan anggaran akhirnya menekan pabrik batu untuk memproduksi batu andesit over quality dengan harga yang murah (Low budget).

Hasil pengamatan menunjukkan sudah sering terjadi harga batu andesit mmenjadi tidak logis lagi yang berujung saling merugikan. Karenanya menjadi smart buyer janganlah mudah terkecoh harga murah, hitunganya sudah jelas jika ada yang menawarkan harga sangat murah anda harus waspada dan berhati-hati dengan resiko penipuan dan resiko keberlangsungan supplai matetial ketepatan waktu hingga proyek selesai.

Salam owner sinergistone WA 081222950965 slamet hidayatuloh s.pi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *