Asal Muasal Batu Alam Andesit dan Kegunaanya

Asal Muasal Batu Alam Andesit dan Kegunaanya. Andesit merupakan salah satu jenis batuan beku vulkanik dengan komposisi antara dan tekstur spesifik yang umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan. Wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia. Nama andesit berasal dari nama Pegunungnan Andes.

Batu andesit biasa digunakan pada zaman dahulu pada bagunan-bangunana zaman megalitik, candi dan piramida. Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya seperti bangunana sarkofagus, punden berundak, lumpang batu, meja batu, arca dan lainnya.

Asal Muasal Batu Alam Andesit dan Kegunaanya

Asal Muasal Batu Alam Andesit dan Kegunaanya

Zaman sekarang ini batu andesit masih banyak digunakan terlebih untuk nisan kuburan orang Tionghoa cobek, lumapng jamu, cungkup atau kap lampu taman dan arca-arca untuk hiasan.

Salah satu pusat kerjinan batu andesit ini berada di daerah Magelang. Selain itu terdapat pula pusat kerajinan batu andesit di daerah Cirebon dan Majalengka Jawa Barat. Karena di daerah ini banyak terdapat perbukitan yang merupakan daerah tambang batu andesit.

Batu andesit digolongkan ke dalam jenis batu keras yang memiliki kepadatan tinggi, porositnya rendah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Batu ini special karena tak mudah untuk ditumbuhi lumut. Penggunaan batu andesit biasa digunakan di interior maupun eksterior rumah. Jalan setapak taman, dinding rumah, pagar dan dinding waterfall merupakan contoh aplikasi batu andesit.

Warna dari batu andesit ada banyak macamnya, yaitu andesit cibereum (abu-abu kemerahan), andesit cipanca (abu-abu muda), andesit gunung haur (abu-abu tua bintik kasar), andesit cilimus (abu-abu tua berbintik halus) dan andesit sukamandi (abu-abu kehijauan). Batu andesit dapat diubah bentuk dan permukaanya menggunakan beragam teknik.  Perubahan bentuknya itu menjadi beragam motif, ada motif yang polos, diagonal, alur lurus, alur cacing, alur catur, rata bakar, susun sirih dan Napoli.

Harga dari batu andesit ini yang berukuran 15cm x 30 cm x 1,5 cm  140.000/m2. Untuk batu andesit motif alur polos berukuran yang sama harganya Rp 120.000/m2. Harganya yang lumayan itu menjadikan pendesain rumah harus memikirkan budget yang disediakan serta desain yang perlu untuk diperhatikan.

Sekian informasi yang ada, silahkan untuk pemesanan batu alam bisa menghubungi nomor di bawah ini

Website Lain CV. Sinergi Stone :

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • [Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)]
  • (BBM : D41249E8)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *