desain pintu utama rumah

20 Model / Desain Pintu Utama Rumah Minimalis, Simple & Kekinian

Desain Pintu Utama Rumah – Pintu dan jendela merupakan komponen yang wajib ada pada sebuah rumah, yang mana fungsi pintu jelas sebagai sarana keluar masuknya para penghuni rumah ataupun tamu-tamu yang berkunjung. Sedangkan jendela berfungsi sebagai sarana keluar masuknya udara ke dalam rumah agar tidak terasa sumpek dan pengap.

Dahulu, desain pintu utama rumah cenderung dibuat asal-asalan tanpa memperhatikan keindahannya. Padahal desain pintu utama rumah dapat memberikan karakteristik tersendiri bagi desain rumah secara keseluruhan. Inilah mengapa sebaiknya pintu utama rumah dibuat dengan baik dan menarik.

Beberapa Jenis Material Pembuatan Pintu

Selain mempertimbangkan sisi keindahan, desain pintu utama rumah juga sebaiknya mementingkan jenis material yang digunakan agar pintu tidak mudah rusak dan dapat menjadi pengaman yang baik bagi rumah. Terdapat beberapa jenis material pembuatan pintu yang biasa digunakan, di antaranya :

  1. Pintu Kayu

Jenis material pembuatan pintu yang paling umum digunakan adalah kayu. Pintu ini cocok digunakan pada bangunan atau rumah dengan tipe apapun, baik rumah mewah, rumah minimalis, maupun rumah trasidional. Material kayu sangat mudah ditemukan, dan tentunya sudah sangat banyak pengrajin kayu yang menjual jenis pintu ini. Pintu kayu dapat memberikan kesan yang natural dan adem, sehingga banyak yang menyukainya. Jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu jati.

  1. Pintu Panel

Jenis pintu ini terbuat dari campuran beberapa komponen panel kayu seperti MDF, HDF, blockboard, dan lainnya. pintu panel juga menjadi favorit masyarakat karena harganya yang terjangkau dengan kualitas yang cukup bagus. Jenis pintu ini juga fleksibel, yang artinya cocok diaplikasikan pada rumah dengan desain apapun. Pintu panel juga dapat dikombinasikan dengan kaca agar lebih bervariasi dan lebih mewah.

  1. Pintu Kaca

Kaca biasanya hanya digunakan sebagai pemanis desain pintu utama rumah dan jendela. Padahal kaca juga dapat digunakan sebagai material pintu secara keseluruhan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kekuatan pintu tersebut, karena seperti yang kita ketahui bahwa kaca adalah material yang dapat dengan mudah pecah. Selain itu, keamanan dan privasi kondisi di dalam rumah juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika ingin menggunakan kaca sebagai material pembuatan pintu utama rumah sebaiknya menyiapkan gordyn sebagai penutup.

  1. Pintu Fiberglass

Fiberglass adalah salah satu jenis material kaca yang berupa anyaman seperti kain. Meskipun kaca, fiberglass relatif lebih kuat, ringan, dan tahan terhadap api. Selain itu, pintu fiberglass juga tahan terhadap cuaca ekstrim yang mana dapat membuat kaca melengkung . Perawatan pintu fiberglass juga tidak sulit. Biasanya pintu fiberglass digunakan pada rumah-rumah yang ingin terlihat mewah.

  1. Pintu Flush

Jenis material berikut ini merupakan kerangka kayu atau MDF yang ditutup menggunakan triplek 3 mm, kemudian dilapisi veneer atau cat duco. Pintu flush cenderung ringan karena bagian tengahnya kosong. Biasanya jenis pintu ini digunakan pada bangunan rumah modern karena tampak polos dan elegan. Harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran membuat disukai masyarakat.

  1. Pintu Baja

Baja merupakan material yang telah banyak digunakan di dunia konstruksi, karena sifatnya yang kuat namun tidak terlalu berat. Pintu yang bermaterial baja memiliki tingkat durabilitas yang lebih lama dibandingkan dengan kayu karena anti rayap dan tidak akan rapuh meskipun sering terkena air. Pintu baja juga seringkali digunakan sebagai pintu darurat karena tahan terhadap api.

Desain Pintu Utama Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah model rumah yang memanfaatkan lahan dan material seminimal mungkin, namun tetap dapat menciptakan desain rumah yang indah, elegan, dan nyaman. Rumah berdesain minimalis lebih mengedepankan konsep yang simple tanpa bentuk-bentuk yang rumit.

Saat ini, rumah minimalis semakin menjadi trend yang banyak digemari masyarakat. Bahkan rumah-runag di daerah perumahan pun menerapkan konsep rumah minimalis sebagai pilihan. Desain rumah minimalis sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki rumah yang indah, namun dengan budget yang tidak terlalu besar.

Untuk dapat membuat rumah minimalis tampak mewah, ada banyak cara yang dapat dilakukan, di antaranya :

  • Gunakan warna-warna cerah

Jika ingin rumah minimalis tampak mewah, hindari penggunaan warna cat yang gelap. Pilihlah warna-warna cerah seperti putih, abu-abu muda, atau pastel. Warna-warna akan membuat ruangan terkesan luas dan terang, sehingga furniture dan segala komponen yang ada di dalam rumah lebih terlihat jelas. Warna-warna cerah juga dapat memberikan energi positif bagi seisi rumah, sehingga Anda tidak perlu merasa takut ketika berada sendiri di dalam rumah.

  • Maksimalkan pencahayaan ruangan

Selain penggunaan warna-warna cerah, pencahayaan yang maksimal juga penting untuk membuat rumah minimalis tampak mewah. Pencahayaan disini bukan hanya soal penggunaan lampu, tetapi juga peletakkan jendela-jendela rumah. Usahakan adanya jendela dapat menarik cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Selain dapat membuat rumah tampak mewah, hal ini juga akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

  • Gunakan furniture mewah tetapi tidak terlalu besar

Karena konsep rumah sendiri minimalis, maka sebaiknya furniture dan dekorasi lainnya yang dipilih juga berukuran minimalis. Benda-benda yang minimalis tidak akan membuat ruangan teras sempit. Salah satu furniture yang sebaiknya berukuran minimalis adalah seperangkat sofa / tempat duduk dan lemari. Jangan lupa pilih yang berdesain polos, agar tetap elegan dan mewah.

  • Pilih desain pintu utama rumah yang sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pintu utama rumah merupakan komponen yang penting, sehingga keberdaannya haruslah menarik. Pilihlah model pintu rumah yang sesuai dengan konsep rumah minimalis Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan warna cat dinding rumah, agar tidak terkesan jomplang.

Contoh Desain Pintu Utama Rumah Minimalis

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumah

desain pintu utama rumahdesain pintu utama rumahDemikianlah beberapa ulasan mengenai rumah minimalis dan contoh desain pintu utama rumah minimalis yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Semoga bermanfaat! 😉

===========================================================================

Artikel Terkait :

Kreatif! Inilah 6 Cara Menghias Rumah Minimalis Agar Terlihat Mewah

3 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras Minimalis

Desain Tiang Teras Elegan Dengan Batu Alam

Model Batu Alam Untuk Dinding Teras Terbaru (2019)

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

===========================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *