Cara Memasang Batu Alam Andesit Pada Lantai

2 Cara Memasang Batu Alam Andesit Pada Lantai, Mudah & Cepat!

Cara Memasang Batu Alam Andesit Pada Dinding & Lantai – Batu andesit merupakan salah satu jenis batuan beku, yaitu jenis batuan yang terbentuk karena membekunya cairan lava yang keluar ke permukaan bumi pada saat letusan gunung berapi (ekstrusi) atau membekunya magma pada saat memasuki lapisan tanah di bawah permukaan bumi (intruksi).

Sejak zaman dahulu, batu andesit telah digunakan sebagai bahan bangunan seperti jembatan, dinding, pagar, bahkan saluran irigasi. Saat ini, batu andesit merupakan salah satu top batu alam yang paling populer. Hal ini dikarenakan karakteristik batu andesit yang keras, padat, dan berporositas rendah. Karakter seperti ini memang yang paling banyak dibutuhkan, terlebih apabila ingin menggunakan batu alam pada bagian eksterior bangunan.

Selain kelebihannya tersebut, batu andesit juga disukai karena warna-warnanya yang dapat membuat tampilan bangunan menjadi lebih elegan, yaitu abu-abu muda, abu-abu kehitaman, abu-abu kemerahan, dan abu-abu kehijauan. Warna-warna seperti ini cenderung netral dan cocok untuk dikombinasikan dengan warna cat tembok apapun. Bukan hanya pada dinding, batu andesit juga sangat cocok diaplikasikan pada lantai.

Kelebihan Batu Andesit untuk Lantai

Karena memiliki karakteristik yang baik, tentunya batu andesit juga memiliki kelebihan jika akan diaplikasikan pada lantai, di antaranya :

  • Awet dan tahan lama

Sifat batu alam yang keras membuatnya lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya yang memiliki sifat rapuh. Terlebih jika batu andesit yang dipasang tertempel dengan rapat dan erat, kemungkinan untuk pecah dan rusak akan semakin kecil.

  • Tidak mudah kotor

Batu andesit memiliki karakteristik yang padat dan berporositas rendah, sehingga kemungkinan debu-debu atau kotoran tidak akan mudah masuk. Hal ini tentunya menjadi keuntungan karena tidak perlu terlalu sering dibersihkan.

  • Tahan terhadap cuaca dan lumut

Karena sifatnya yang padat dan berporositas rendah tersebut, batu andesit sangat tahan terhadap pergantian cuaca, bahkan cuaca ekstrim sekalipun. Selain itu, batu andesit tidak mudah menyerap air karena pori-porinya yang sangat sedikit, hal ini merupakan kelebihan karena lumut tidak akan mudah menyerang.

  • Tidak licin

Tekstur dari batu andesit hampir mirip seperti kulit jeruk, agak halus tetapi tidak licin. Sehingga tidak akan membuat para penghuni rumah ataupun orang lain terpeleset.

  • Mudah dalam perawatan

Jika suatu ketika batu andesit kotor atau berlumut, tidak perlu khawatir. Pasalnya lantai batu andesit tersebut hanya perlu dibersihkan dengan cara disapu atau disikat. Jika perlu membersihkan dengan air, gunakanlah semprotan air. Jangan gunakan pembersih yang satuan ukurannya terlalu besar dan berat, karena akan menimbulkan noda baru di permukaan batu andesit.

Cara Memasang Batu Alam Andesit Pada Lantai

Setelah mengetahui karakteristik dan kelebihan dari batu andesit untuk lantai, kini saatnya membahas tentang bagaimana cara memasang batu alam andesit pada lantai yang mudah dan cepat. Pengaplikasian batu andesit pada lantai merupakan hal yang mudah, namun tidak boleh sembarangan. Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang sudah berpengalaman di bidangnya jika tidak ingin repot. Tetapi jika ingin memasangnya sendiri, silahkan simak penjelasan kami di bawah ini.

Ada 2 cara memasang batu alam andesit pada lantai yang mudah dan cepat, di antaranya :

  • Metode Pemasangan Keramik

cara memasang batu alam andesit
Metode Pemasangan Keramik

Metode pemasangan keramik cocok untuk diaplikasikan pada lantai interior rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, teras rumah, dan lainnya. Langkah-langkah dalam metode pemasangan yang pertama ini sama seperti pemasangan keramik lantai. Berikut cara memasang batu alam andesit pada lantai dengan metode pemasangan keramik :

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa pekerjaan rumah lainnya telah selesai, karena pemasangan ini harus dilakukan pada tahap akhir. Butuh waktu untuk mendiamkannya hingga kering sebelum dapat digunakan.

2. Bersihkan, keringkan, dan ratakan lantai yang akan dipasangi batu andesit. Hal ini berfungsi supaya nantinya permukaan lantai rata dan tidak bergelombang.

3. Pasang benang lurus secara melintang di area yang akan diaplikasikan batu andesit. Tinggi benang disesuaikan dengan tinggi batu andesit dan berikan sedikit jarak untuk celah adukan semen yang digunakan untuk merekatkan batu andesit pada lantai.

4. Rendam batu andesit yang akan dipasang agar dapat merekat lebih kuat pada saat proses pemasangan pada lantai.

5. Aplikasikan adukan semen secara penuh pada lantai yang akan ditempeli batu andesit. Selanjutnya tempelkan batu andesit dan ketuk / tekan keramik agar lebih menempel.

cara memasang batu alam andesit
Proses Pemasangan Batu Alam Andesit Keramik

6. Teruskan proses pemasangan tersebut sampai selesai. Usahakan proses pemasangan dimulai dari bagian depan agar lebih rapi.

cara memasang batu alam andesit
Proses Pemasangan Batu Alam Andesit Keramik 2

7. Tunggu kira-kira 2-3 hari sampai semen mengering maksimal. Jangan pernah menginjak lantai batu andesit yang belum benar-benar kering.

  • Metode Pemasangan Paving Block

cara memasang batu alam andesit
Metode Pemasangan Paving Block

Jika metode yang pertama tadi lebih cocok diaplikasikan pada interior rumah, maka metode yang kedua ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada bagian eksterior rumah, seperti carport atau taman. Berikut cara memasang memasang batu alam andesit pada lantai dengan metode paving block :

1. Sebelum memasang batu andesit, pastikanlah struktur dari tanah atau bidang yang akan di paving dalam kondisi yang benar-benar padat. Jika belum padat, maka padatkan dahulu menggunakan mesin roller (wales) atau stamper kuda. Hal ini dilakukan supaya lahan atau bidang tersebut nantinya tidak amblas dan lebih kuat.

2. Pastikan bahwa spesifikasi beban yang akan melewati lahan paving telah sesuai dengan material pendukung untuk landasan area paving. Material tersebut biasanya berupa: limestone, base course, sirdam, macadam, dan lain sebagainya.

3. Selain memastikan bahwa lahan sudah padat, pastikan juga bahwa permukaan lahan yang akan di paving dalam kondisi rata. Hal ini dilakukan agar nantinya lantai paving block yang telah dibuat tidak bergelombang saat dipijak.

4. Agar paving block nantinya tidak bergeser, pasanglah kanstin beton sebagai pengunci.

cara memasang batu alam andesit
Pemasangan Kanstin Beton

5. Gelar / taburkan abu batu dengan mengikuti kemiringan yang telah ditentukan sebelumnya, kemudian ratakan menggunakan jidar kayu.

6. Mulailah lakukan pemasangan batu andesit paving block dari arah belakang sampai ke depan. Pekerja yang memasang paving berada di atas paving yang telah terpasang sebelumnya.

cara memasang batu alam andesit
Proses Pemasangan Batu Alam Andesit Paving Block

7. Untuk bagian tepi lahan atau sudut-sudut yang belum dipasang paving block (las-lasan), gunakanlah potongan batu andesit yang sebelumnya sudah dipotong menggunakan paving block cutter.

8. Setelah semua bagian lahan terpasang batu andesit paving block, langkah selanjutnya adalah lakukan pengisian antar naat (celah) paving block dengan menggunakan abu batu.

9. Padatkan paving block yang telah terpasang menggunakan baby roller atau stamper kodok sekitar 1 sampai 2 kali putaran agar paving block saling mengunci satu sama lain.

10. Setelah selesai, bersihkan area lahan yang telah dipasangi paving block dari sisa-sisa abu batu.

Demikianlah 2 cara memasang batu alam andesit pada lantai yang mudah dan cepat. Jika ada bagian yang kurang dimengerti, silahkan tanyakan melalui kolom komentar atau hubungi nomor kontak kami di bawah ini. Semoga bermanfaat! 🙂

Baca juga :

Kelebihan Lantai Batu Alam Yang Perlu Anda Ketahui

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

Variasi Pemasangan Batu Alam Untuk Dinding

Harga Batu Andesit Terbaru 2018

Daftar Harga Batu Alam Terlengkap 2018 (Per M²)

================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • BBM : D41249E8
  • Email : sinergistone65@gmail.com

Jual Batu Alam

Batu Andesit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *